Penyakit Vertigo dan Jantung

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum.

Ust, sy ingin menanyakan soal penyakit yg saya derita. Mulainya ketika februari 2014 yg lalu. Sy merasa agak sempoyongan ketika shalat dzuhur. Lalu hari-hari selanjutnya masih seperti itu. Dan biasanya mulai agak sempoyongan ketika belajar agak lama, misal 1 atw 2 jam. Akhirnya sempat sembuh dengan habatussauda yg dicampur pegagan dan bee polen. Namun kemudian kambuh dalam beberapa minggu. Dari sini sy mencoba berbagai macam obat, mulai dari herbal hingga medis. Sempat CT scan dan hasilnya memang ada penyempitan pembuluh darah ke otak. Tp secara umum bagus kata dokter. Sempat dirawat juga di rumah sakit karena detak jantung sy tidak normal sekitar bulan April 2014. Dan ketika dicek, kadar oksigen dalam darah sy normal. sempat juga cek T3 dan T4 dan hasilnya normal juga. Tp anehnya, detak jantung yg kencang dan kadang tidak normal itu bergantian dengan vertigo sy. Selanjutnya sy banyak terapi dengan madu, habatussauda, dan kulit manggis. Alhamdulillah membaik. Namun sampai sekarang kadang masih terasa sakit di kepala. Kadang diiringi dengan migrain. Tidak hanya dirasakan di kepala, tapi juga di mata seolah menekan keluar. Gejala lain adalah, rahang bawah seolah lebih sulit digerakkan meskipun masih bisa bergerak dengan bebas. Kira-kira apa yg bisa sy lakukan untuk menyembuhkannya secara total, Ust?. Apakah sy hrs mengurangi aktifitas tertentu seperti di depan laptop terlalu lama, dsb. Dan adalah obat2 yg membantu penyembuhan sakit sy?.

Mhn penjelasannya. Jazakallah Khairan.

jawaban:

Saudaraku yang semoga dirahmati Allah.
Vertigo atau pusing berputar adalah sebuah bentuk gangguan keseimbangan yang dialami seseorang sehingga ia merasakan seolah lingkungan sekitarnya bergerak/ berputar.
Vertigo dibagi menjadi 2macam berdasarkan letak gangguannya:
● sentral : yang bersumber dari pusat/ otak
●perifer : yg bersumber dari organ keseimbangan di dalam telinga tengah yang disebut kanalis  semisirkularis
Untuk menentukan terapi yang tepat kita harus memastikan sumber gangguannya. Untuk hal itu saudara bisa memeriksakan diri ke dokter THT dan saraf.
Secara umum gangguan keseimbangan dan koordinasi jika disertai dengan gangguan irama jantung biasanya disebabkan oleh gangguan suply darah ke batang otak dan otak kecil. Ini mungkin berhubungan dengan pemeriksaan ct scan saudara sebelumnya yang didapatkan hasil berupa adanya penyempitan pembuluh darah.
Untuk sensasi tertekan di daerah mata dan rahang yang susah digerakkan kemungkinan ini berkaitan dengan gangguan pada saraf yang mengatur gerak wajah yaitu nervus V.
Saya sarankan saudara kembali berkonsultasi dengan ahli saraf serta membawa hasil ct scan sebelumnya dan saudara ceritakan kondisi saudara sampai saat ini sehingga bisa dilakukan pemeriksaan lebih  lanjut untuk menangani penyakit yang saudara derita. Semoga Allah memberikan saudara kesabaran serta pahala dan ampunan atas kesabaran saudara dalam menghadapi penyakit ini.

 

dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti (Alumni FK UGM)

 

Share.

About Author

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.