Penyebab Nyeri Perut

/ Oleh / Info Penyakit, Konsultasi / No comments
sakit perut

Tanya :

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.  Saya mau menanyakan, akhir-akhir ini perut bagian bawah(mungkin bagian rahim) sebelah kanan terasa nyeri. Ketika rasa nyeri datang rasanya seperti tertusuk,tapi kemudian rasanya hilang, kadang datang lagi. Kira-kira penyebabnya apa ya? Terima kasih. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Primawida

Jawab :

Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakatuh. Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan. Nyeri yang berasal dari perut bagian bawah sebelah kanan bisa berasal dari berbagai macam organ. Bisa berasal dari organ saluran cerna, saluran kencing, maupun pada saluran reproduksi pada wanita. Masing-masing memiliki karakteristik nyeri yang berbeda dan gejala penyerta yang berbeda.

Untuk organ saluran cerna, yang spesifik pada bagian sebelah kanan bawah adalah nyeri yang berasal dari peradangan appendiks (usus buntu). Gejala yang menyertai biasanya meliputi mual, muntah, dan kadang disertai demam.

Untuk organ saluran kencing, mungkin bisa berasal dari saluran ureter maupun pada kandung kemih, baik berupa infeksi maupun sumbatan batu saluran kencing. Nyeri biasaanya hilang timbul, dan nyeri bisa menjalar sampai pinggang dan paha bagian dalam. Selain nyeri, gejala penyerta biasanya ada gangguan nyeri saat kencing.

Untuk organ saluran reproduksi, yang sering bermasalah adalah bagian rahim dan ovarium. Kelainan yang mungkin bisa berupa infeksi, kista pada ovarium, maupun mioma (tumor jinak) pada rahim. Masing-masing juga bisa menimbulkan keluhan nyeri.

Jadi, ada banyak kemungkinan penyebab dari nyeri pada perut bagian bawah. Dibutuhkan informasi lebih lengkap meliputi faktor risiko, gejala penyerta, dan informasi tambahan lainnya untuk membuat kesimpulan. Demikian juga perlu pemeriksaan fisik  dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab nyeri yang Anda alami. Sebagai langkah awal, Anda bisa memeriksakan dulu ke dokter umum untuk pelacakan awal. Selanjutnya mungkin perlu penatalaksaan dari dokter spesialis tergantung dari kemungkinan penyebab penyakitnya. Semoga bermanfaat.

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini.

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

View all posts by dr. Adika Mianoki »

Leave a Reply