Perawatan Demam Pada Anak

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Musim Hujan Banyak Penyakit dengan Gejala Demam

Hujan adalah salah satu anugrah dan kenikmatan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala  yang wajib kita syukuri. Sebagai seorang muslim yang baik kita harus dapat menyikapinya  kondisi tersebut dengan cara yang baik. Ketika musim hujan tiba biasanya muncul beberapa penyakit  musiman seperti demam berdarah, diare, leptospirosis, tifus, dan penyakit kulit. Dimana mayoritas penyakit tersebut disebabkan oleh mikroba yang mudah berkembang biak dan  menginfeksi manusia. Salah satu tanda infeksi utama adalah demam, yang  merupakan respon normal tubuh. Baik anak-anak maupun dewasa dapat mengalami gejala demam yang disebabkan karena berbagi berbagai sebab, sehingga kita perlu mengenal mengenai apa itu demam dan bagaimana cara penatalaksanaannya.

Batasan dan mekanisme demam

Demam merupakan respon yang normal terhadap berbagai kondisi, penyebab  demam paling banyak adalah infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasite. Demam adalah  peningkatan suhu tubuh sebagi akibat termostat yang ada di otak, mensetting suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya. Variasi normal suhu dipertahankan dalam rentang yang sempit antara penurunan 0,5 0C dibawah normal pada pagi hari dan peningkatan 0,5 0C diatas normal pada malam hari, sehingga  demam tidak hanya dinyatakan dalam satu nilai atau derajat tertentu. Berikut ini adalah batasan nilai atau derajat demam untuk semua usia dengan pengukuran di berbagai bagian tubuh :  suhu aksila/ketiak diatas 37,2 0 C, suhu oral/mulut diatas 37,8 0 C, suhu rektal/anus diatas 38 0 C, suhu dahi diatas 38 0C, suhu di membran telinga diatas 38 0 C. Sedangkan demam tinggi bila suhu tubuh diatas 39,5 0 C dan hiperpireksia bila suhu > 41,1 0 C. Walaupun pengukuran suhu pada pada oral dan rektal lebih menunjukkan suhu tubuh yang sebenarnya, hal ini tidak direkomendasikan kecuali benar-benar dapat dipastikan keamanannya khusunya pada anak-anak.

Dua mekanisme utama pengaturan suhu tubuh manusia adalah melalui produksi dan pengeluaran panas, yang dilakukan oleh salah satu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus. Ketika suhu sekitar  lebih rendah dari suhu tubuh, maka pembentukan panas dilakukan dengan meningkatkan metabolisme dan aktivitas otot rangka dalam bentuk menggigil dan pengeluaran panas dikurangi dengan penyempitan pembuluh darah perifer atau kulit dan pengurangan produksi keringat, sehingga suhu tubuh tetap dipertahankan tetap. Hal ini terjadi sebaliknya apabila suhu lingkungan lebih tinggi dari pada suhu tubuh.

Penanganan awal demam

Pada prinsipnya demam dapat menguntungkan dan dapat merugikan, menguntungkan karena peningkatan kemampuan sistem imunitas atau kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan menurunkan kemampuan virus atau bakteri dalam memperbanyak diri. Merugikan karena demam menimbulkan anak menjadi gelisah, tidak bisa tidur, selera makan  dan minum menurun dan bahkan dapat menimbulkan kejang demam.

Penanganan awal demam dapat dilakukan dengan kompres menggunakan air hangat pada bagian ketiak dan selangkangan kaki anak. Bagiamana dengan kompres air dingin?  kompres air dingin sejenak seolah menurunkan suhu tubuh, padahal selain membuat anak menggigil tak nyaman, kompres dingin justru akan meningkatkan suhu tubuh. Mengapa? Karena saat dikompres dingin, informasi yang diperoleh tubuh adalah di luar suhu dingin, otomatis termostat pusat pengatur suhu tubuh di otak akan meningkatkan suhu tubuh agar tidak kedinginan. Jangan menggunakan alkohol untuk mengompres anak karena risiko masuknya racun alkohol ke dalam tubuh melalui kulit. Begitu juga mengompres pada dahi anak tidak perlu dilakukan karena hasilnya tidak efektif.

Anak yang mengalami demam berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, dehidrasi juga dapat membuat suhu tubuh semakin meningkat. Sehingga orang tua harus menganjurkan anaknya untuk mengkonsumsi cairan yang cukup seperti terus memberikan ASI untuk bayi yang kurang dari 6 bulan, air putih, jus buah dan sayuran berkuah dalam jumlah yang cukup. Ketika anak sakit, biasanya selera makan anak menurun.  Tawarkan makanan ringan, yang segar, rasanya enak, dan tampilannya menarik. Asupan makanan tidak harus berupa nasi, jangan khawatir  jika anak menolak makan. Yang penting pada saat ini adalah asupan cairannya. Apabila anak tidak dapat minum segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Gunakan baju dan selimut yang tipis untuk memudahkan pelepasan panas tubuh. Anak di tempatkan pada ruangan dengan suhu yang normal. Istirahat yang cukup sesuai keinginan anak, apabila anak sudah tidak mengalami demam selama 24 jam, maka anak diperbolehkan untuk masuk sekolah maupun melanjutkan aktivitasnya yang lain. Biasanya seorang anak akan sering buang air kecil setelah melakukan petunjuk diatas. Hal tersebut merupakan sesuatu yang normal karena ketika demam terjadi peningkatan metabolisme tubuh dan asupan cairan.

Pengobatan demam

Apabila demam tidak menurun dan suhu tubuh melebihi 38,5 0 C atau 39 0 C maka pemberian obat penurun panas perlu dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan karena demam. Pemberian obat penurun panas ini bukan untuk menormalkan suhu tubuh atau menghilangkan penyebab demam.  Obat-obatan yang bisa diberikan  seperti asetaminofen  10-15 mgr/kgBB/kali tiap 4 jam maksimal 5 kali sehari dan 500 mg untuk orang dewasa sesuai kebutuhan dan tidak melebihi 3000 mgr/hari dapat menurunkan suhu tubuh 1-1,5 0C. Asetaminofen tidak boleh diberikan pada bayi yang berusia kurang dari 3 bulan demikian juga  penggunaan aspirin tidak direkomendasikan pada anak yang berusia dibawah 18 tahun, karena dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya yang disebut sebagi sindrom reye. Dengan atau tanpa obat demam, suhu akan naik turun sesuai siklusnya.

Demikian pembahasan singkat kita mengenai demam dan penatalaksanaannya, semoga yang sedikit ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi penulis dan pembaca majalah kesehatan muslim sekalian.

Penulis : Arif Rohman Mansur, S.Kep.Ns

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.