Perubahan apa saja yang terjadi pada lansia?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Tahukah Anda bahwa dalam diri seorang lanjut usia (lansia) terdapat perubahan-perubahan pada tubuhnya? Tidaklah lagi sama dibanding saat masih dalam usia produktif. Lalu, apa saja perubahan-perubahan itu?

Perubahan fisiologis (alamiah fungsi) yang terjadi pada proses penuaan meliputi seluruh sistem organ. Berikut diantaraanya:

  • Terjadinya penurunan curah jantung, meningkatnya tekanan darah dan berkembangnya arteriosklerosis (penumpukan plak kolesterol). Pada paru-paru, terjadi gangguan pada proses pertukaran gas (oksigen dan karbondioksida), menurunnya kapasitas vital paru, dan menurunnya laju ekspirasi.
  • Penurunan klirens (pembersihan) kreatinin seiring jalannya proses penuaan. Meskipun tingkat kreatinin serum relatif konstan karena proporsionalitas usia berkaitan dengan penurunan produksi kreatinin.
  • Perubahan fungsi, adanya perubahan pola motilitas (pergerakan) yang terjadi pada sistem pencernaan, perubahan metabolisme obat pada hati.
  • Terjadinya peningkatan gula darah dan perubahan pada massa tulang yang berlanjut menjadi osteoporosis.
  • Atrofi epidermis kulit, perubahan kolagen dan elastin. Perubahan ini terjadi mengakibatkan hilangnya tonus dan elastisitasnya. Lean body mass menurun seiring dengan hilang dan atrofinya sel-sel otot.
  • Perubahan secara degeneratif (penurunan fungsi seiring bertambahnya usia) terjadi pada berbagai persendian, ditambah dengan hilangnya massa otot, sehingga berdampak pada sistem pergerakan pada lansia.
  • Adanya perubahan metabolisme, perubahan respon terutama terhadap obat-obat dan kebutuhan dosis akan suatu obat. Perubahan-perubahan tersebut sangat berdampak pada proses penyembuhan ketika seorang lansia mengalami sakit.

Demikian uraian singkat mengenai perubahan yang terjadi pada lansia, masih banyak perubahan yang terjadi pada lansia yang belum disebutkan pada tulisan singkat ini. Nantikan, dan temukan perubahan-perubahan lainnya pada tulisan berikutnya…

Penulis : dr. Mukhammad Sunardi

Share.

About Author

Medical, Research and Qur'an. Alumni Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Semoga Anda mendapat manfaat dari Tulisan dan Website ini. Mengakar kuat, Menjulang Tinggi.

Leave A Reply