Prasasti dan Memori: Peran Koleksi Museum Bagi Penderita Alzheimer’s

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Museum merupakan tempatmenyimpan benda material warisan budaya masa lalu. Pada abad 21 ini, kekayaan masa lalu yang tersimpan di museum dapat dimanfaatkan untuk memecahkan permasalahan sosial, politik, ekonomi, budaya, bahkan kesehatan. Beberapa museum di luar negeri telah memiliki program untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, misalnya kesehatan mental veteran perang, Autisme, bahkan Alzheimer’s. Alzheimer’s adalah salah satu penyakit yang biasanya diderita oleh lansia dan menyerang sel-sel otak sehingga menyebabkan berkurangnya fungsi otak secarabertahap. Alzheimer’s membuat penderitanya mengalami penurunan daya ingat, kehilangan kemampuan berkomunikasi, kesulitan melakukan pekerjaan dasar sehari-hari, hingga menarik diri dari pergaulan sosial. Tahun 2013 jumlah penduduk Indonesia yang terkena Alzheimer’s diperkirakan berjumlah satu juta orang. Jumlah ini belum termasuk yang tidak mengetahui atau tidak melaporkan kondisinya. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus bertambah.

Dalam rangka World  Alzheimer’s  Awareness  Month yang  jatuh pada bulan September, Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Arkeologi Universitas Indonesia akan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa brain gym bagi penderita Alzheimer’s dengan menggunakan aksara kuno pada prasasti koleksi museum.  Brain gym merupakan salah satu aktivitas yang dapat mempertahankan dan memperlambat menurunnya daya ingat.  Kegiatan ini akan diadakan di Museum Nasional, Jl. Medan Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat, setiap hari Kamis pukul 13.00 – 15.30 WIB selama bulan September 2014. Kegiatan ini diperuntukan bagi penderita Alzheimer’s fase awal (Mild Cognitive Impairment) dan pendampingnya, serta tidak dipungut biaya. Bentuk kegiatannya adalah menonton film pendek mengenai prasasti pilihan, melakukanbrain gym denganaksara Palawa / Jawa Kuno sesuai prasasti, dan berbagi cerita memori masa lalu penderita sesuai tema pada prasasti. Kegiatan ini adalah kegiatan bagi penderita Alzheimer’s di museum yang pertama di Indonesia!

Untuk berpartisipasi dalam acara ini peserta dapat menghubungi Retno(0818-0882-8200) atau email ke [email protected]. Kegiatan ini didukung oleh Center for Ageing Study Universitas Indonesia, Museum Nasional, dan berbagai media partner,serta dibiayai oleh Direktorat Riset dan PengabdianMasyarakatUniversitas Indonesia tahunanggaran 2014.

Share.

About Author

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.