Sakit Pinggang Karena Usus Turun, Bisakah?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

“ana sering sakit pinggang, pernah di urut kata yang ngurut perutna turun. Apa betul penyebab sakit pinggang bisa karena perut turun? Kalo betul obat yang sebaiknya ana konsumsi apa? Apa ada hubungannya dengan ginjal?”

 

Jawab

 

Sakit pinggang merupakan sakit yang sering dikeluhkan. Penyebabnya bisa dari pinggang sendiri atau penjalaran dari tempat lain diluar pinggang. Beberapa penyebab yang tersering adalah dari ginjal, otot, saraf atau dari tulang belakang. Kelainan di buah zakar atau selangkangan dapat menyebabkan nyeri yang dijalarkan ke pinggang.

 

Rasa sakit pinggang yang disebabkan ginjal dapat berupa nyeri yang bersifat tumpul dan hilang timbul. Atau bisa juga nyeri dirasakan seperti diremas-remas, nyeri dirasakan sangat hebat sehingga terlihat tampak sangat kesakitan, nyeri ini biasanya juga menjalar ke perut depan, setelah beberapa menit nyeri mereda namun nyeri ini dapat berulang.

 

Sakit seperti ini dinamakan sakit kolik ginjal. Sakit kolik  ginjal paling sering disebabkan oleh batu ginjal. Untuk mengurangi nyeri dapat diberikan obat analgesik. Untuk batu ginjal apabila ukuran masih kecil dapat diberikan obat herbal peluruh batu seperti kalkurenal atau batugin elixir.

 

Penyebab sakit pinggang dapat pula berasal dari organ lain diluar ginjal, misalkan kelainan di buah zakar atau selangkangan. Jenis kelainan ini salah satunya adalah usus turun atau dalam dunia medis disebut hernia. Hernia memiliki ciri khas yaitu munculnya “benjolan” yang dapat hilang timbul. Selain di buah zakar atau di selangkangan, hernia dapat muncul di paha atau pusar.

 

Bila keluhan Bapak berupa sakit pinggang dan didapatkan benjolan yang bisa hilang timbul maka besar kemungkinan memang disebabkan usus turun/hernia. Yakni hernia yang terjadi pada daerah buah zakar (skrotum) dan usus yang masuk ke dalam kantung hernia terjepit oleh cincin hernia sehingga timbul gejala obstruksi/sumbatan dan strangulasi usus (usus dalam kondisi tercekik). Keadaan inilah yang menyebabkan nyeri yang kemudian dapat dijalarkan ke daerah pinggang sehingga muncul nyeri pinggang.

 

Hernia disebabkan karena ada celah tubuh yang lemah. Faktor penyebab hernia adalah sering mengangkat beban berat atau terlalu sering mengedan sehingga usus menjadi  tertekan dan melewati celah tubuh yang lemah (normalnya usus tidak melewati clah tubuh tersebut). Karena usus menempati tempat yang tidak seharusnya maka muncul benjolan ditempat yang dilewati usus. Tidak ada obat yang terbukti bermanfaat untuk mencegah usus turun. Namun usus turun dapat dicegah dengan cara menghindari mengangkat beban berat atau tidak terlalu kuat saat mengedan.

 

 

Dijawab oleh: dr. Muhammad Zulfahmi Akbar

 

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.