Seberapa penting kita harus tahu obat yang di konsumsi?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Seorang lelaki datang ke salah satu fasilitas kesehatan dengan keluhan berdebar-debar, biasanya dia rutin minum obat untuk mengatasi masalah jantungnya.
sayangnya beliau tidak tahu apa saja obat yang dikonsumsi, hal ini membuat petugas kesehatan “galau” karena ada beberapa obat terkait jantung yang berhubungan dan seperti diketahui bahwa untuk mengatasi keluhan berdebar tersebut juga memerlukan obat yang mana obat tersebut bisa berinteraksi dan berbahaya bagi penderita.

Tidak mudah jika kita berada diposisi petugas kesehatan tersebut, karena ketiadaan informasi yang akurat dan jelas mengenai obat yang dikonsumsi pasiennya.

Untuk itu, jika kita mengkonsumsi obat tertentu (tidak hanya terbatas obat-obatan jantung tentunya) sebaiknya kita mengetahui nama obat-obatan tersebut. jika perlu ada baiknya kita tulis dan kita bawa saat kita periksa ke dokter atau kelayanan kesehatan.
hal simple dan mudah akan tetapi banyak yang tidak sadar akan kepentingan hal ini. Nah, dengan mulai menyadari kepentingan mengingat dan menulskan obat yang dikonsumsi maka kita berharap dapat menurunkan kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi dari interaksi antar obat.
Pada penderita alergi lebih-lebih lagi, harus tahu obat-obat dan agen-agen apa saja yang menjadi pemicu terjadinya alergi, sehingga petugas medis dan keluarga tahu dan mengerti betul apa yang menyebabkan alerginya kambuh. Sehingga dokter tidak memberikan obat-obatan yang memicu timbulnya reaksi alergi. Reaksi alergi sendiri spektrumnya bermacam-macam ada yang ringan hingga sampai yang berat dan mengancam nyawa. Untuk itu, mulai dari sekarang mari biasakan memahami dan mengetahui obat obat apa saja yang kita konsumsi.
semoga bermanfaat.

Share.

About Author

Dokter Hafid merupakan dokter lulusan Universitas Gadjah Mada, saat ini bertugas di jogjakarta.
Selain aktif di kesehatanmuslim.com, beliau juga membina kesehatan di konsultasisyariah.com

Leave A Reply