Seluruh Badan Dan Mata Kuning, Harus Bagaimana?

jaundis

Sebagian orang mungkin kaget, suatu hari badannya kuning dan matanya juga kuning secara keseluruhan. Sebagian orang awam menyebutnya penyakit kuning. Kenapa bisa berubah warna seperti ini?

Perlu diketahui bahwa Penyakit kuning disebut juga dengan icterus atau jaundice dalam istailah kedokteran. Ada banyak sekali penyebab dan berbagai mekanisme dilibatkan. Ringkasnya, ini menunjukkan adanya permasalahan pada liver/hati. Bagian yang sering  terlihat adalah bagian putih dari bola mata (sclera), dan kulit, serta mukosa dari penderita. Hal ini terkait dengan metabolisme bilirubin tepatnya gangguan pada sistem hepatobilier (sistem hati dan kandung empedu).

jika ditinjau dari penyebabnya, bisa  bermacam-macam misalnya penyakit bawaan sejak lahir, infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi parasit malaria, karena mengonsumsi obat tertentu, ataupun karena gangguan pada sistem dari kandung empedu penderita.

Penyebab paling sering penyakit kuning penyebab yang paling sering adalah  Hepatitis dan Sirois . Hepatitis juga bermacam-macam, mulai dari hepatitis A, B dan C. khusus hepatitis A yang paling sering dan kelihatan perbedaannya. Jika ada demam dan permasalahan di pencernaan, kemudian terjadi dalam waktu yang sebentar (akut) kemudian muncul kuning seperti ini, bisa jadi terkena gejala awal hepatitis A. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena hepatitis A tidak terlalu berbahaya. hepatitis A adalah yang paling ringan dapat sembuh secara total dan dapat sembuh sedniri. Kemudian Hepatitis B agak berat. sedangkan  Hepatitis C merupakan jenis yang paling parah, penderita harus dirawat di rumah sakit sampai  sembuh total.

Jika anda menemukan kelainan kuning seperti ini, kami sarankan segera periksa karena selain hepatitis A, manifestasi penyakit kuning ini umumnya karena penyakit yang cukup berat.

 

Demikian informasi ringkas ini, Semoga bermanfaat

 

Penyusun:  dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

 

 

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply