Sering Gatal-Gatal Di Paha Kaki

gatal di paha

Pertnyaan:

Dokter, saya ada penyakit kulit yang rasanya sangat gatal di bagian paha kaki saya. Bagian yang gatal menjadi lebih gelap kulitnya jadi seperti keriput dan jika dibiarkan terlalu lama jadi putih karena kulit luarnya mengering dan mengelupas. Kalau makan telur maka timbul bau telur di daerah gatal tersebut dan kadang muncul bintil-bintil berair. Penyakit apakah ini dokterĀ  dan mohon sarannya.

 

Jawaban:

Dari keluhan (anamnesis) gatal tersebut di sebabkan oleh jamur, memang bagian paha terutama di dekat selangkangan sering lembab dan gampang terkenan infeksi kulit jamur, apalagi jika orangnya gemuk. Dan untuk mengetahui secara pasti jenis penyakit anda, kami perlu melihat langsung bentuk infeksi kulitnya (Ujud kelainan kulit). Jika gatal bertambah ketika berkeringat maka semakin mengarah ke arah infeksi kulit karena jamur

Untuk pengobatannya lebih aman menggunakan obat luar seperti krim anti jamur seperti ketokonazole 2% di oles tipis-tipis 2-3 x sehari, setelah mandi lebih baik. Obat oles juga sebaiknya jangan lebih dari 5-7 hari. obat minum tidak dibutuhkan jika infeksi di kulit hanya sedikit dan kecil. Jika memang butuh obat oral karena infeksi kulitnya sudah general hampir di seluruh tubuh, maka dokter akan mempertimbangkan penggunaan obat oral.

Makan telur kemudian gatal-gatal kemungkinan anda alergi terhadap telur. Solusi terbaik adalah menghindari makan telur. Ada kemungkinan sembuh dari makan telur dengan menggunakan terapi desensitisasi, yaitu tubuh dikenalkan dengan telur secara perlahan-lahan dengan dosis yang sedikit demi sedikit dinaikkan.

Untuk lebih lanjut anda bisa berkonsultasi dan memeriksakan penyakit anda ke dokter spesialis kulit.

 

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply