Sering Nyeri di Pantat dan Paha

Tanya :

Saya ibu umur 55 th. pada persendian ujung paha atas dan pantat sering nyeri, terutama pada saat duduk di bawah/karpet. Pada waktu sholat, kegiatan duduk slalu terasa nyeri. Saya sudah berobat k dokter saraf, diberiobat meloxicam,peroxicam, ranitidin.Ternyata sakit nyeri tsb belum sembuh. Yang saya tanyakan: 1. Apa penyakit saya 2. Apa obatnya atau teapinya Atas jawabannya,saya ucapkan terima kasih.

Pami Nurhadi

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu ajukan. Permasalahan nyeri pada daerah pantat dan paha memang cukup banyak dikeluhkan. Biasanya juga sering diiringi dengan nyeri pada pinggang atau punggung bagian bawah. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Paling sering disebabkan karena kelainan struktur tulang belakang bagian bawah yang bisa menyebabkan nyeri daerah sekitar pinggang, pantat, bahkan menjalar sampai paha dan kedua kaki. Bisa juga karena peradangan pada saraf yang melewati daerah sekitar pantat dan paha, yang dalam istilah medis diebut dengan ischialgia.

Saran kami, sebaiknya dilakukan pemeriksaan rontgen tulang belakang untuk melihat apakah ada kelainan struktur tulang yang bisa menyebabkan nyeri. Jika memang ada kelainan pada tulang belakang, bisa dilakukan terapi tambahan selaian pemberian obat seperti fisioterapai, pemasangan korset, ataupun terapi lain disesuaikan kelainan yang ditemukan. Pemberian obat-obatan yang sudah ibu konsumsi hanya untuk meredakan gejala nyeri, yang mungkin masih bisa kambuh lagi. Selain itu, hindari mengangkat beban yang berat, duduk bersimpuh/bersila dalam waktu lama untuk menghindari timbulnya nyeri.

Untuk konsultasi lebih lanjut, silakan periksa ke dokter spesialis saraf. Semoga bermanfaat.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

View all posts by dr. Adika Mianoki »

Leave a Reply