Setelah operasi besar kista, amankah kehamilan yang sekarang

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dok,

Saya usia 31 tahun, mo bertanya, 1 Nov ’12 Saya lahiran anak pertama secara caesar krn jalan lahir tertutup miom yg sudah membesar sebesar kepala bayi, lalu 19 okt ’13 Sy operasi usus buntu+angkat miom+angkat kista seperti layaknya orang lahiran caesar, lalu 30 maret ’14 ini Sy test pack sendiri hasilnya positif krn memang sudah hampir 1 bln gak dapet menstruasi, terakhr 14-20 feb ’14, Sy tidak KB. Pertanyaan Sy, amankah kehamilan kedua Sy ini?jika memang beresiko, bagaimana cara mengantisipasi kemungkinan2 buruk yg tidak diharapkan?terima kasih……

 

jawaban:

Wa’alaikumussalam warohmatullahi wa barokatuh. Adanya riwayat operasi mioma sebelumnya memang dapat mengakibatkan timbulnya titik lemah(lokus minoris) di rahim yang rentan robek terutama di usia kehamilan yg sudah membesar yaitu 7bulan ke atas. Akan tetapi kondisi itu berbeda beda untuk masing masing orang dan tergantung juga hasil penyembuhan luka bekas operasi tersebut.

Untuk itu kami sarankan ibu berkonsultasi dan memeriksaan diri kepada dokter kandungan yg merawat dan melakukan operasi mioma terhadap ibu sebelumnya , karena dokter tersebut yang memahami riwayat operasi dan kondisi rahim ibu. Tetaplah optimis, banyak berdoa dan rutin memeriksakan kandungan ibu sesuai jadwal. Hanya kepada Allah lah kita memohon pertolongan.

 

Dijawab oleh: dr. Yuni Srihastuti

 

Artikel www.kesehatanmuslim.com

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

jika ingin konsultasi gratis, silahkan kirim pertanyaan di sini

 

Share.

About Author

Leave A Reply