Solusi Sederhana Penyakit Akibat Kutu Kepala

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

 

Tidak sedikit dari kalangan anak-anak, remaja bahkan dewasa memiliki masalah dengan kulit kepala dan  rambutnya. Salah satu penyakit yang cukup mengganggu adalah penyakit yang diakibatkan oleh kutu kepala atau bahasa medisnya adalah pedikulosis kapitis.  Penyakit ini tidak jarang pula menurunkan kepercayaan diri seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain.

Penyakit ini termasuk penyakit infeksi yang ditularkan dengan cara kontak fisik erat seperti tidur bersama yang berdekatan dengan penderita dan kontak tidak langsung seperti pemakaian bergantian aksesori kepala (seperti topi, kopyah, jilbab) sisir, bantal dan lainnya.

Penderita penyakit ini akan mengeluhkan gatal yang bervariasi pada kulit kepala mulai dari ringan hingga berat sesuai dengan derajat penyakitnya baik pada siang maupun malam hari, saat beraktifitas ataupun saat beristirahat. Selain itu penyakit ini ditandai oleh adanya telur-telur kutu yang menempel pada rambut penderita  dan jika beruntung akan menemukan pula kutu-kutu kepala pada kulit kepala atau rambut.

Penyakit ini akan menimbulkan infeksi bakteri jika penderita menggaruk kulit kepalanya dengan tidak terkontrol dengn tanggannya terutama yang memiliki kuku yang panjang. Infeksi ini selanjutnya akan menimbulkan erosi dan peradangan di kulit kepala sehingga dapat menimbulkan nyeri, kemerahan serta adanya benjolan kecil berisi nanah dan krusta sehingga rambut bergumpal.

Lalu bagaimana solusi dalam menanggulangi masalah ini?

1. Mohonlah kesembuhan kepada Allah terhadap penyakit yang dialami. Dapat pula dibaca doa berikut :

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan sesuatu yang diciptakan-Nya.” [HR. Ahmad 11/290, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 590, Shahiih at-Targhiib wat Tarhiib 1/412 no. 652, Shahiih al-Jaami ‘ish Shaghiir no. 6427]

2. Cukur atau potong rambut penderita sependek mungkin untuk menghilangkan telur-telur kutu yang menempel di rambut, membatasi gerak kutu dan agar kutu kepala mudah terlihat sehingga mudah dievaluasi. Jika penderita enggan untuk dipotong rambutnya, maka bisa melangkah ke poin ketiga.

3. Kemudian dilakukan penyisiran dengan menggunakan sisir serit sehingga kutu kepala dan telur-telurnya akan tereliminasi.

4. Cuci rambut dengan menggunakan shampo

5. Oleskan salah satu dari obat berikut pada kulit kepala dan rambut penderita

– Malathion 0,5% atau 1% (lotion/spray) biarkan 1 malam

– Permetrin 1% (krim) biarkan dalam 2 jam

– Gameksan 1% biarkan selama 12 jam

6. Tutup kepala dengan kain selama pembiaran obat

7. Rambut dicuci kembali dan lakukan penyisiran dengan sisir serit.

8. Jika penyakit belum mereda, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit & kelamin terdekat.

 

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter.

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini

Share.

About Author

Alumni Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Aktif sebagai kontributor di www.kesehatanmuslim.com.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.