Sudah Caesar Dua Kali, Bisakah Melahirkan Normal?

operasi caesar

Pertanyaan:

mungkin nggak sih setelah operasi caesar dua kali bisa melahirkan normal (VB= vaginal birth)? pertama dulu kasusnya sungsang dan lilit. Caeras kedua ketuban pecah dini. saya berharap sekali bisa melahirkan normal, masih pengen punya anak lagi soalnya. terima kasih

jawaban:

bisa melahirkan normal atau tidak tergantung dengan beberapa faktor. Karena salah satu yang paling dikhawatirkan adalah robeknya kembali bekas sayatan operasi caesar saat persalinan normal. Ada beberapa sumber yang menyatakan sebaiknya tidak melakukan lahir normal (vaginal birth) setelah operasi caesar jika:

– jarak kehamilan kurang dari satu tahun

– sudah dua kali operasi caesar

– panggul sempit atau abnormal,

– sayatan pada rahim berbentuk memanjang (seksio sesarea klasik)

– fasilitas rumah sakit tidak lengkap

Ada juga yang menggunakan skor tertentu untuk menilai apakah layak atau tidak melahirkan normal. Misalnya skor Alamia yang dipakai di RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad, Jakarta.

Selai  itu ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan, misalnya:

-Alasan medis operasi caesar sebelumnya

Jika operasi caesar dilakukan karena bayi sungsang atau detak jantungnya tidak teratur, maka masih ada peluang melahirkan normal. Akan tetapi jika alasannya karena panggul sempit atau leher rahim Anda tidak melebar atau kepala bayi tidak turun, maka bisa jadi sebab ini terulang dikehamilan berikutnya

keadaan kesehatan bayi dan ibu saat kehamilan

Jika ibu mengidap penyakit berat dan kondisi bayi juga tidak stabil, maka operasi caesra bisa berulang

-untuk operasi  caesar beberapa kali, maka beberapa dokter dan bidan agak berat melakukan proses melahirkan normal karena memang banya resikonya.

Untuk itu, perlu didiskusikan kepada dokter, jika perlu bisa melakukan second opinion, yaitu menanyakan pendapat kepada dokter yang lain. Jika memang harus menjalani operasi caesar lagi.

 

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen

Artikel www.kesehatanmuslim.com

silahkan like fage Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter

 

About Author

dr. Raehanul Bahraen

alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh pendidikan spesialis patologi klinik di FK UGM

View all posts by dr. Raehanul Bahraen »

Leave a Reply