Terlalu Sering Buang Air Kecil

/ Oleh / Konsultasi, Tips Sehat / No comments

Tanya :

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. Saya mau tentang penyakit yang saya alami yaitu kencing terus dalam sehari +/- 30 kali. Ini sudah berlangsung sekitar 15 thn yang lalu sampai sekarang. Umur saya 35 thn. Setelah konsultasi dg dokter urologi katanya masalah psikologis sebab hasil diagnose lab  alhamdulilah normal, kecuali kolesterol yg tinggi. Mohon bantuan untuk solusi dan obat herbalnya. Sukron. Wassalamualaikum

Abu Muhammad

Jawab :

Wa’alaikumussalam. Dari sekilas informasi yang disampaikan ada hal yang perlu disyukuri lebih dahulu yakni hasil lab normal, artinya Bapak tidak perlu mencemaskan menderita penyakit kencing manis karena salah satu penyebab tersering polyuria (kencing berlebih) adalah sakit kencing manis/diabetes. Kondisi polyuria juga bisa disebabkan banyak hal seperti:

–          konsumsi obat yg memacu produksi urine seperti obat anti hipertensi

–          makanan/minuman yang bersifat memacu kencing seperti: kopi, teh, soft drink, vitamin C dosis tinggi

–          kecemasan berlebih yang menyebabkan minum air berlebih sehingga produski urine juga berlebih

–          dan lain lain

 Saran kami: Karena Anda masih cukup muda dan telah mengalami gangguan ini dalam peride cukup lama, maka saran kami yang utama adalah meyakini bahwa kondisi ini tidak seserius yang Anda bayangkan. Jika memang Anda sering cemas dan untuk mengurangi cemas, secara tidak sadar Anda banyak minum maka Anda perlu menghilangkan problem cemas itu bisa dengan relaksasi, memperkhusyuk shalat, atau jika tidak berhasil bisa ke ahlinya yakni psokolog atau psikiater. Wallahu a’lam.

Dijawab oleh : dr. Firandi Saputra

Bagi kaum muslimin yang ingin konsultasi kesehatan gratis bisa kirim pertanyaan di sini.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

Leave a Reply