Tips Pergi Berobat ke Dokter

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Berikut ini beberapa tips berobat ke dokter/rumah sakit. Dengan memperhatikan tips berikut diharapkan kunjungan Anda ke dokter bermanfaat secara optimal dan Anda pun merasa nyaman.

Sebaiknya Memilih Dokter Sesama Jenis

Meskipun pada keadaan tertentu pengobatan oleh lawan jenis boleh-boleh saja dilakukan, namun sebaiknya Anda tetap memprioritaskan dokter yang sesama jenis dengan Anda. Dengan demikian proses pemeriksaan fisik dan berbagai terapi dapat diberikan oleh dokter secara lebih leluasa. Secara fitrah pun tampaknya seseorang lebih nyaman jika dirinya diperiksa oleh dokter sesama jenis. Terlebih lagi pada pemeriksaan yang mengekspose aurat. 

Gunakan Pakaian yang Memudahkan Pemeriksaan

Jika Anda menduga bahwa akan dilakukan pemeriksaan di bagian dada, sebaiknya gunakan baju yang berkancing depan. Dengan demikian, Anda tidak perlu melepas baju. Contoh lain, ibu hamil yang akan memeriksakan kandungannya sebaiknya tidak menggunakan baju terusan. Jika ibu tsb menggunakan baji terusan, saat memeriksa perut baju perlu dinaikkan sehingga menyingkap tubuh bagian bawah ibu.

Berikan Keterangan yang Jujur dan Terbuka

Dokter membutuhkan informasi yang akurat dari pasien berkenaan dengan penyakitnya sekarang, penyakitnya dahulu, bahkan hingga kebiasaan sehari-hari pasien. Informasi ini dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis, merencanakan pengobatan, serta memperkirakan keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, berikanlah informasi yang diminta dokter secara jujur dan terbuka.

Tanyakan Apa yang Belum Anda Pahami

Pasien berhak bertanya kepada dokter tentang penyakit dan pengobatan yang diberikan. Jangan sungkan untuk menanyakan apa yang belum Anda pahami. Namun demikian, sebagai insan berakhlak sepatutnya kita juga memahami keadaan. Terkadang jumlah pasien sangat banyak sehingga dokter tidak dapat menjawab setiap pertanyaan pasien dengan leluasa. Pada kondisi ini pilihlah pertanyaan yang paling penting.

Sebaiknya Datanglah pada Dokter yang Sama

Mudah dilogika, semakin sering dokter bertemu seorang pasien maka dia akan semakin mengerti keadaan pasien tersebut. Jika kita berobat di satu dokter, harapannya pengobatan lebih sesuai bagi kita karena dokter tersebut sudah mendalami keadaan kita. Tentu berbeda hasilnya jika kita berpindah-pindah dokter. Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi pasien dengan penyakit kronis.

Patuhi Anjuran untuk Kontrol

Untuk mengelola masalag kesehatan pasien, biasanya memang dibutuhkan lebih dari satu kali pemeriksaan. Demikian karena dokter butuh untuk memantau perjalan penyakit, mengevaluasi efektifitas terapi, mendeteksi komplikasi, dan sebagainya. Oleh karena itu, patuhilah anjuran dokter yang menyarankan untuk kontrol.

Yakini bahwa Kesembuhan dari Allah Ta’ala

Betapa banyak pasien yang ditangani oleh dokter yang berpengalaman dengan obat-obat pilihan, namun tidak mendapatkan kesembuhan. Kesembuhan memang berasal dari Allah Ta’ala. Kepada-Nya lah kita berharap dan memohon karunia kesehatan dan keselamatan. Tidak sepatutnya kita menyandarkan kesembuhan kepada dokter maupun obat-obatan. Ikhtiar kita lakukan, namun hanya kepada Allah Ta’ala kita bertawakkal.

Share.

About Author

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.