Wasir, Haruskah Dioperasi?

Tanya :

Assalamu’alaikum.dok. Anak saya sebelum umur setahun sampai sekarang 3 th setiap BAB keluar benjolan di duburnya. Apakah itu  ambein ? Tapi setelah beberapa saat masuk tidak kelihatan. Terkadang mengeluh sakit, terkadang juga tidak.Setahu saya kalau ke dokter disruh operasi.Saya tidak tega. Saya browsing obat herbal ada 2 yang banyak diulas : .ace max sama jelly gamat gold. Katanya tanpa efek samping, bagaimana menurut dokter ?

Ummu Hudzaifah

Jawab :

Wa’alaikumus salam wa rahmatullahi wa barakatuh. Terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan kepada kami. Mohon maaf jika kami terlambat dalam menanggapi.

Benjolan di dubur umumnya disebabkan karena wasir/ambeien, yang dalam istilah medis diesbut hemorhhoid. Wasir merupakan penyakit yang ditandai dengan pembengkakan atau pembesaran  pembuluh darah vena di daerah anus. Bila ada tekanan seperti mengejan ketika  sembelit, wasir dan jaringan di sekelilingnya menjadi membengkak dan dapat  menonjol keluar dari anus, biasanya juga disertai dengan  keluarnya darah segar.

Penyakit wasir memiliki beberapa derajat keparahan :

Derajat 1. Bila terjadi pembesaran wasir yang tidak prolaps (menonjol) ke luar saluran anus. Hanya dapat dilihat dengan anorektoskop.

Derajat 2. Pembesaran wasir yang prolaps dan menghilang atau masuk sendiri ke dalam anus secara spontan.

Derajat 3. Pembesaran wasir yang prolaps dapat masuk lagi ke dalam anus dengan bantuan dorongan jari.

Derajat 4. Prolaps wasir yang permanen, sudah tidak bisa dimasukkan ke dalam anus. Kondisi ini rentan untuk mengalami thrombosis dan infark.

Kalau melihat gejala yang dialamai Anak Anda, kemungkinan termasuk wasir derajat dua. Penanganan wasir derajat dua tidak perlu untuk segera dioperasi. Bisa diberikan obat salep atau oabat supposutoria (obat yang dimasukkan lewat dubur) untuk mengurangi benjolan tersebut. Selain itu perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk memperbanyak serat sehingga BAB bisa lancar dan teratur. Susah BAB akan memperparah kondisi wasir akibat mengejan yang bisa memicu terjadinya pembengkakan.

Mengenai obat herbal, tidak banyak membantu jika tidak disetai dengan obat yang diberikan pada lokasi benjolan, yaitu obat salep maupun supposutoria. Pemberian obat herbal untuk anak usia 3 tahun juga perlu pertimbangan.

Untuk lebih jelasnya, sebaikanya diperiksakan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan diberikan pengobatan yang sesuai. Mudah-mudahan bermanfaat.

*****

Silahkan like page Majalah Kesehehatan Muslim dan follow twitter. Add PIN BB  Kesehatan Muslim: 32356208

Ingin pahala melimpah? Mari berbagi untuk donasi kegiatan Kesehatan Muslim. Info : klik di sini.

About Author

dr. Adika Mianoki

Alumni Ma'had Al 'Ilmi, lulusan Fakultas Kedokteran UGM, saat ini sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FK UGM-RSUP Sardjito.

View all posts by dr. Adika Mianoki »

Leave a Reply