Yuk Kenali 10 Tanda Penyakit Parkinson Sejak Dini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

1. Tremor
Apakah dirimu merasa tremor atau gemetar pada jari, jempol, tangan atau pipi? Tremor atau gemetar yang terjadi saat kondisi istirahat merupakan gejala awal dari penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Gemetar secara normal dan wajar terjadi setelah olahraga, kondisi stres, atau ketika terluka. Hal ini juga secara wajar terjadi karena obat yang kita konsumsi.

2. Tulisan Tangan yang Mengecil
Apakah dirimu merasa tulisan tangan mengecil dibanding tulisan sebelumnya? Ukuran tulisan yang mengecil ataupun tulisan yang kacau menjadi salah satu tanda penyakit Parkinson. Fenomena ini disebut juga micrographia.

Bagaimana kondisi normalnya?
Seiring dengan bertambahnya usia, tulisan tangan juga akan mengecil. Hal ini terjadi karena kemampuan penglihatan yang berkurang, atau bergetarnya tangan atau jari jemari.

3. Kurangnya Indera Penciuman
Apakah dirimu merasa tidak mampu mencium aroma suatu makanan tertentu dengan baik? Jika kemampuanmu mencium suatu makanan seperti pisang, asinan atau permen gula terganggu, sebaiknya segera hubungi dokter dan konsultasikan kepadanya mengenai Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Kemampuan penciuman bisa terganggu apabila mengalami flu atau demam, akan tetapi kemampuan tersebut akan berangsur kembali ketika kondisi membaik.

4. Tidur Terganggu
Apakah dirimu merasa terganggu dan sering bergerak kesana kemari ketika tidur? Pergerakan yang tiba-tiba selama tidur bisa jadi menjadi salah satu tanda penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Badan tersentak ketika awal tidur atau ketika tidur ringan merupakan hal yang wajar dan normal terjadi.

5. Masalah Bergerak dan/atau Berjalan
Apakah dirimu merasa kaku pada tubuh, lengan atau kaki? Terkadang kekakuan akan menghilang ketika kita bergerak. Akan tetapi, apabila rasa kaku masih ada, waspadalah, karena itu merupakan salah satu tanda penyakit Parkinson. Tanda awalnya terjadi kekakuan pada pundak atau pinggul.

Bagaimana kondisi normalnya?
Apabila pundak atau lengan mengalami luka, mungkin memang tidak bisa digunakan secara optimal hingga sembuh, atau penyakit lain seperti artritis bisa saja memiliki gejala yang sama.

6. Konstipasi
Apakah dirimu mengalami kesulitan mengeluarkan feses ketika buang air besar? Sulitnya keluar feses tersebut juga merupakan salah satu tanda penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Apabila konsumsi makanan berserat atau minum air kurang, secara normal juga akan terjadi konstipasi. Demikian pula penggunaan obat untuk beberapa penyakit juga dapat menyebabkan konstipasi. Namun, apabila faktor makanan dan obat tidak ada masalah dan tetap terjadi konstipasi, maka perlu segera konsultasi ke dokter perihal penyakit Parkinson.

7. Suara yang Rendah
Apakah orang lain berkata padamu bahwa suaramu mengecil dibanding suara sebelumnya? Apabila jawabannya iya, maka ini juga salah satu tanda penyakit Parkinson. Terkadang dirimu menganggap orang lain mengalami masalah terhadap pendengarannya, padahal sebenarnya memang terjadi adanya perubahan suara menjadi lebih kecil dan lebih lembut daripada sebelumnya.

Bagaimana kondisi normalnya?
Adanya serangan virus atau demam bisa jadi membuat suara kita berubah, namun seiring dengan kondisi yang membaik, maka suarapun akan kembali seperti semula.

8. Muka Topeng (Masked Face)
Apakah orang lain pernah berkata padamu bahwa wajahmu terlihat serius, stres, dan marah, meskipun dirimu tidak sedang kondisi bad mood? Kondisi ini sering kali disebut dengan facial masking. Apabila mengalami kejadian demikian segera konsultasikan dengan dokter terkait penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Beberapa obat dapat menyebabkan wajah kita terlihat serius, akan tetapi dengan menghentikan konsumsi obat tersebut, maka kondisi wajah pun akan kembali seperti semula.

9. Pusing
Apakah dirimu merasa pusing ketika bangkit dari duduk? Merasa pusing atau pening merupakan tanda rendahnya tekanan darah seseorang dan berkaitan pula dengan penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Setiap orang pernah mengalami hal demikian, pusing seketika ketika bangkit dari duduknya. Akan tetapi apabila kejadian tersebut berjalan rutin dan terus menerus, maka perlu segera konsultasi dengan dokter.

10. Badan Membungkuk
Apakah badanmu membungkuk? Jika orang lain menilai dirimu bungkuk ketika berdiri, waspadalah, karena hal itu merupakan salah satu tanda penyakit Parkinson.

Bagaimana kondisi normalnya?
Apabila punggungmu mengalami cedera, bisa jadi berdiripun menjadi membungkuk, akan tetapi seiring dengan kesembuhan cedera tersebut akan kembali lagi badan ketika berdiri menjadi tegak seperti semula.

Sumber :
– Artikel 10 Signs of Parkinson’s Disease yang telah di- review oleh Dr. Chauncey Spears, Movement Disorders Fellow¸ University of Florida, Parkinson’s Foundation Center of Excellence. 2018.

Disusun oleh : Naufa Hanif

Share.

Leave A Reply